Tarian Caci Manggarai Flores- NTT

Narasi Tarian Caci Desa Liang Ndara 

Caci merupakan sebuah tarian atau permainan tradisional Manggarai. Jadi, caci bisa disebut tarian dan juga bisa disebut permainan. Caci disesbut serbagai tarian tradisonal karena memiliki tiga unsur seni yaitu : seni tari,seni suara dan seni busana. Disebut permainan karena memiliki tiga alat yang dimainkan . yang pertama toda yaitu symbol ibu atau bumi dan koret symbol ayah atau langit serta wado atau larik merukan symbol pembelajaran atau percobaan dalam kehidupan. Tarian caci itu dilaksanakan untuk untuk memuji, menghormati pencipta dan leluhur dalam nada gembira atau syukur dalam bahasa manggarai Naring,hiang dan bengkes. Naring itu memuji, hiang itu menghormati dan bengkes itu bergembira atau bersyukur. Caci juga merupakan teater atau drama kehidupan manusia karena semua aksesoris dari permainan caci memiliki symbol dan makna masing-masing.

1.Panggal .
Panggal menggambarkan lima prinsip dasar hidup orang Liang Ndara.
Rumah merupakan tempat perlindungan. Tempat perlindungan orang Liang Ndara dibagi menjadi tiga bagian. Rumah pertama itu adalah Alam yang merupakan teman kebersamaan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Yang kedua, tempat kebersamaan suami,istri dan anak. Yang ketiga, hati yang merupakan tempat kebersamaan kita dengan sang pencipta alam semesta.
Compang ( Pusat Kampung ), Compang diakui sebagai pusat persatuan.
Wae teku ( sumber air ) diakui sebagai sumber kehidupan.
Lingko ( kebun) diakui sebagai sumber kesejahteraan
Paang ( Gerbang ) diakui sebagai untuk mengfilter roh yang baik masuk ke kampong dan roh yang tidak baik keluar dari kampong
Kelima tempat diatas merupakan tempat untuk memberi persembahan atau sesajian pada setiap upacara adat kampong yang disebut randang atau lontong golo.

2.Sapu.
Sapu yang menutupi kepala menunjukan kerendahan hati atau mengakui masih ada diatas kita yang harus hormati. Sapu yang lepas kebelakang dan kebawah merupakan symbol kesabaran.

3.Tubi Raba.
Tubi raba merupakan symbol masih ada yang dibawa kita atau disekitar kita yang perluh kita jaga dan kita lindungi .

4.Sapu tangan Putih
Sapu tangan putih merupakan symbol ketulusan, keikhlasan dan kejujuran dari seorang penari.

5.Nggiri Nggoro serta Nggong dan Gendang
Nggiri Nggoro serta Nggong dan Gendang merupakan symbol untuk mengundang roh yang positif dan mengusir roh negative dengan bunyian alat music nggong, Gendang dan Nggiri Nggoro.

6.Songke
Songke yang berwarna hitam merupakan kerja keras.
Ada tiga warna dasar dalam busana Caci. Warna putih merupakan symbol ketulusan, keikhlasan, kejujuran dari penari caci. Warna hitam merupakan symbol pekerja keras atau dalam bahasa manggarai dempul wuku tela toni. Warna merah menunjukan semangat juang yang tinggi.

Sumber Riang Tana tiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published.